Monday, November 10, 2014

Teknik Disiplin Anak "teknik kalender" by @AnnaSurtiNina

Ada berbagai variasi #teknikdisiplin. Buanyak banget. Ini 2 di antaranya. Disebut 'teknik kalender' & 'teknik jam dinding' biar gampang diinget.

#teknikdisiplin 'Teknik kalender' dan 'teknik jam dinding' lebih pas dipakai untuk anak yg sudah mengerti omongan orang lain (sktr 1.5-2 th) ke atas

#teknikdisiplin 'Teknik kalender' akan pas untuk ketergantungan anak pd benda tertentu, misalnya dot, empeng, botol susu, guling pesing, boneka bau dll

#teknikdisiplin Gimana cara 'teknik kalender'?
Awalnya harus punya kalender dong, ya iyalah hehehe... Kalau bisa sih kalender yg angkanya besar


#teknikdisiplin Angka yg besar lebih menarik secara visual buat anak. Beri tahu cara kerjanya, misalnya begini: Ini bulan Agustus (sambil tunjuk bulan)

#teknikdisiplin Ini tgl 4 (sambil tunjuk angka 4). Beri tau juga setelah tgl 4 adalah tgl 5 = besok, terus besoknya lg tgl 6 (sambil nunjuk angka)

#teknikdisiplin Dengan begitu anak mengerti bahwa tiap hari tanggalnya beda. Jelasin jg perpindahan bulan: abis tgl 30/31, jd tgl 1 lg, tp bulan beda

#teknikdisiplin Tidak perlu ngomel lho kalau jelasinnya detil gitu. Memang demikianlah tugas kita sebagai orang tua, mesti ajari dr yg sederhana dl.

#teknikdisiplin Kalau anak sudah paham cara kerja kalender (terkadang butuh bebebrapa hari untuk betul2 paham cara kerja kalender, dengan anak bertanya terus) baru deh 'teknik kalender' bs dijalankan. Sekarang kaitkan antara kebiasaan dia dengan kalender. Misalnya, soal minum dr botol.

#teknikdisiplin Lagi-lagi, ingat, itu untuk yg cenderung ketergantungan ya, kalau tidak ketergantungan ya tidak usah. Variasikan cara sesuai kondisi masing2 ya, Katakan bahwa yg minum dr botol itu (or ngedot, or pake guling pesing dll) adalah anak kecil, sementara 'kamu kan udah besar'

#teknikdisiplin Pernyataan 'kamu udah besar' tujuannya memperbesar keyakinan anak bahwa dia akan bs berubah, tingkatkan rasa percaya diri pada anak. Minta kerjasama anak, 'Karena kamu udah besar, berarti tidak pake dot (botol/boneka bau/botol dll) lagi. Mulai kapan mau lepas?'

#teknikdisiplin Langsung tunjukin kalender, minta anak untuk menentukan kapan persisnya dia mau lepas. Usahakan itu bukan waktu yg terlalu dekat. tp juga jangan terlalu jauh. Yg cukup ideal antara 1 minggu sampai dengan 2 bulan (tergantung kondisi). Buat janji dari awal, supaya jelas targetnya kapan.

#teknikdisiplin Usahakan berkomitmen sama anak. Kalau emang sudah ditentuin tgl tertentu, tandai tanggal itu secara jelas, misal beri spidol / stiker gede. #teknikdisiplin Katakan kpd anak, "Sekarang, sampai tgl ..., kamu masih boleh sih ngedot (pakai botol, pakai guling dll), tp setelah tgl ... tidak lg."

#teknikdisiplin Jelasin ke anak apa yg akan dilakukan terhadap botol/dot/boneka dll pada tanggal tersebut. Misal, nanti akan diumpetin / disumbang dll.

#teknikdisiplin Nah, sejak hari ini (ketika dibuat perjanjian) sampai deket2 tanggal perjanjian, setiap hari kita ingatkan bhw dia MASIH BOLEH pakai barangnya tersebut sampai tanggal... Tujuannya bilang 'masih boleh' adalah untuk berikan kesiapan mental untuk berpisah. Setelahnya baru ingatkan tp setelah tanggal... sudah tidak boleh lagi ya. Ingetin aja tiap hari, supaya dia masih merasa punya waktu dan siapkan mental untuk berpisah.

#teknikdisiplin Kesiapan mental untuk berpisah ini butuh perkembangan kognitif tertentu. Makanya tidak bs untuk bayi, anaknya harus udah cukup mengerti. Lagian kalau masih bayi / terlalu kecil jg belum punya ketergantungan apapun kan. Jd memang tidak perlu teknik kalender ini. Kalau udah diingatkan tiap hari, hari-hari menjelang perpisahan itu, ingetkan agak lebih sering (yah sehari 4-5x lah). Tetep beritahu bahwa dia MASIH BOLEH sampai di tgl tersebut. Oya, bagus jg kalau hari yg dijanjikan adalah weekend, supaya ortu ada di rumah dan punya waktu.

#teknikdisiplin Kalau sudah sampai di tanggal yg dijanjikan, maka JREEEENNNGGGG persiapkan upacara pelepasan. Yg namanya upacara pelepasan perlu biar kongkrit banget buat anak bahwa sekarang adalah waktunya utk lepas dr ketergantungannya itu. Mungkin ada nangis, itu wajar.

#teknikdisiplin Upacara pelepasan perlu disesuaikan dengan yg sudah dijanjikan dr awal. Bs disimpan di koper terkunci, bs dikubur, dibuang dll. Kreasikan upacara pelepasan tersebut sesuai kondisi anak dan keluarga ya.

#teknikdisiplin Setelah upacara pelepasan itu, katakan kepada anak dengan bangga bahwa dia udah besar, hebat 1x bs lepas dari dot/guling/empeng dll itu. Boleh lho kalau makan2, kasi hadiah kecil, dll, itu jd reward atas keberhasilan anak. Yg penting pelukan dan senyum orang tua ya.

#teknikdisiplin Besok-besoknya kalau anak minta lg dot/guling/empeng dll, ingatkan dengan lembut bahwa dia udah besar, bahwa dia udah hebat karena udah lepas. Yg paling penting adalah KONSISTEN, jangan dikasi lagi walaupun dia menangis / ngamuk. Ajak main aja, alihkan aja.

#teknikdisiplin Moga2 cukup jelas tentang 'teknik kalender'. Yang 'teknik jam dinding' ngutang dulu ya, mesti siap2 dateng ke sekolah anak :) kombinasikan dengan teknik2 lain, dan harus dinetralisir kekesalannya dgn komunikasi lembut penuh cinta setelahnya.



0 comments:

Post a Comment