Wednesday, November 14, 2012

Yuuk.. Kita bantu Bumi..

Para ilmuan telah membuat beberapa prakiraan mengenai dampak pemanasan global terhadap cuaca, tinggi permukaan air laut, pantai, pertanian, kehidupan hewan liar dan kesehatan manusia



Tentunya sobat bumi sudah tau apa yang menjadi penyebab pemanasan global atau global warming bukan. Ada efek rumah kaca, konsumsi energi berbahan bakar fosil,kerusakan hutan, sampah, peternakan dan pertanian. Gas rumah kaca yang di buang ke atmosfer berkaitan dengan gaya hidup dan jumlah penduduk. Indonesia sebagai negara berkembang juga memiliki andil sebagai negara terbesar se-Asia setelah Cina dalam menkonsumsi energi. dimana konsumsi energi ini di sebabkan oleh jumlah penduduk indonesia yang banyak. Sedangkan USA dikenal sebagai negara yang penduduknya mengkonsumsi energi dari bahan bakar fosil terbanyak. Konsumsi total bahan bakar fosil di dunia meningkat sebesar 1 persen per-tahun. 

APA SIH DAMPAK PEMANASAN GLOBAL

CUACA -  Cuaca berubah menjadi tidak menentu dalam proses perubahannya. seperti yang kita ketahui misalnya saja indonesia. yang hanya memiliki 2 musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau (musim buah-buahan jangan disebut ya :D ) yang dulunya jelas kapan waktunya sekarang malah jadi tidak jelas.

KESEHATAN - Setelah cuaca tentunya global warming juga berpengaruh pada kesehatan. adanya musim kemarau dadakan membuat banyak orang kehabisan air bersih dan terpaksa meminta air ke tetangganya atau harus memaklumi dirinya mendapatkan air seadanya. air yang tidak layak digunakan tentunya akan mengakibatkan penyakit seperti diare dan muntaber, bahkan gangguan kulit.

selain kemarau tentunya kita juga harus waspada dengan adanya banjir, yap banjir selain membawa korban bencana juga membawa penyakit, dimana berasal dari sampah-sampah yg ikut mengalir bersama air.

HEWAN dan TUMBUHAN - pemanasan global mengakibatkan dimana seleksi alam terjadi dimana jika hewan atau tumbuhan tersebut dapat beradaptasi maka ia akan bertahan, jika tidak ya mati.
padahal kita tau sendiri fungsi tumbuhan adalah untuk mengikat karbon CO2 di udara, sehingga emisi karbon tidak meningkat.


CARA MUDAH MENGURANGI DAMPAK PEMANASAN GLOBAL

Langkah-langkah yang dilakukan atau yang sedang diskusikan saat ini tidak ada yang dapat mencegah pemanasan global di masa depan, tapi minimal kita dapat mengurangi kemungkinan adanya pemanasan global tersebut. ya simpel saja dengan 
  1. Melakukan penghematan listrik :
    - Mencabut listri yg tidak di pergunakan
    - Apabila harus mengeringkan pakaian dengan mesin cuci gunakanlah langsung kekuatan penuh.
    - Mematikan lampu yang tidak digunakan.
  2. Menggantung baju - jadi bajunya bs di pakai langsung tanpa harus di setrika lagi untuk merapikan pakaian yg sudah dilipat.
  3. Hindari penggunaan plastik, coba deh hindari penggunaan kantong plastik sebisa mungkin kalau belanjaannya banyak minta saja pakai kardus, atau kalau tau belanjaannya sedikit coba bawa tas belanja sendiri kan sudah ada tuh yang lucu-lucu dan ringkas kalau di bawa.
  4. dan Jangan buang sampah sembarangan. kamu tau buang sampah sembarangan selain mengakibatkan kerusakan lingkungan juga membahayakan binatang-binatang di laut. coba saja jika ada plastik-plastik minuman yang tersangkut di badan binatang tentu saja ketika kecil mereka tidak akan terasa tapi seiring pertumbuhan tentunya akan mengganggu atau bahkan akan melukai binatang tersebut.
simpel ya sebenarnya, kita tidak harus berfikir berat, seberat para ilmuan untuk membantu bumi kota tercinta untuk bertahan dan memberikan kesempatan anak cucu kita menikmati energi yang ada di bumi.

Yuuk...selamatkan Bumi..
di mulai dari kita sendiri ya.

salam




10 comments:

Aris Rinaldi said...

blogwalking. salam kenal


http://arishms.com/2012/11/fuel-consumption-hemat-solar-di-dunia-tambang/

Muh Nahdhi Ahsan said...

Sebenarnya kalau kita melihat sejarah bumi dalam skala jutaan tahun, bumi ini memang memiliki siklus pemanasan secara menyeluruh (pemanasan global). Jadi secara periodik memang bumi ini memanas, hanya saja periodenya yang sangat panjang sampai jutaan tahun itu tidak sebanding dengan umur keberadaan manusia yang hanya dalam hitungan beberapa ribu tahun.

Putri L. Holiday said...

@aris
salam kenal kembali, sama2 selamatkan bumi yuuk :)

@muh nahdi ahsan
tentunya bumi juga mengalami periodiknya, tapi yg perlu di cermati juga keberadaan manusia di bumi tentunya juga punya andil besar dalam pemanasan global.
itu kenapa kita juga perlu sadar diri tetap menjaga lingkungan dan berusaha berhemat energi.

Megha Octarina said...

salam kenal :)
setuju bgt. sebenarnya begitu banyak cara" sederhana dan simpel untuk menyelamatkan bumi tanpa harus mengeluarkan biaya,dan tenaga yang besar. cukup hanya memakai listrik sekedarnya, sangat besar manfaatnya untuk Bumi :D

bit.ly/Energi11

Putri L. Holiday said...

@megha : iya hal2 simpel yg sebenarnya bs dilakukan langsung oleh semua orang tanpa disadari sebenarnya bs membantu bumi untuk lebih hidup :)

Ekki-margens said...

Hemh..menurut saya ,,global warming adalah salah satu dari proses alami siklus bumi..namun keadaanya d peparah dengan kegiatan manusia, yang msh bergantung pada energi fosil..sebab..pemanfaatan energi fosil justru akan menghasilkan gas-gas rumah kaca seperti CO dan CO2...

maen2 ke sini juga yaa.. "Romantisme Aku, Kalian, dan Alam" http://eq-lingkungan-kebumian.blogspot.com/2012/11/romantisme-aku-kalian-dan-alam.html #PertaminaBlogContest

Putri L. Holiday said...

@ekki : iya andil besar manusia sebagai pengguna, semoga segera ditemukan alternatif pengganti sumber daya alam yg bs dimanfaatkan.

Ukhti Ami said...

satu hal yang sangat penting disini ialah Gaya Hidup. ketika kita berusaha utk tidak bersifat konsumtif, maka kita telah membantu bumi, yaa.. dg itu salah satunya kita tidak akan terbiasa menggunakan plastik sehingga potensi penumpukan sampahpun bisa berkurang, kemudian kita akan berusaha utk hemat listrik dll
awal yg kecil tapi berpengaruh sangat besar utk kebaikan bumi kita..
Nice Share kawan :)
kunjungi juga ya blog saya:
ENERGI, Berjuta Makna Untuk Masa Kini dan Nanti Yang Lebih Baik! :)
http://bit.ly/Energi10

'afaaf said...

sekarang ada kantong plastik yang tulisannya mendukung ide go green semoga itu beneran kantong plastik yang hancur hny dalam jangka wkt bbrp tahun.. soalny plastik kn lama bgt bisa hancur nya

Putri L. Holiday said...

@ukhti ami : betul sekali dari hal2 simpel yg kadang sering di lupakan orang sebenarnya bs membantu bumi kita untuk tetap hidup.
seperti halnya sekarang supermarket dan waealaba mulai menganjurkan konsumennya menggunakan kardus yg sudah tdk terpakai untuk digunakan kembali sebagai wadah barang belanjaan mereka, dari pada memberikan kantong plastik.

salam kenal terima kasih sudah mampir :)

@afaaf : semoga beneran sih cuma ya itu sanyangnya akan hancur dalam "beberapa tahun" :D
semoga kita bs mencari alternatif tempat belanjaan lainnya.

Post a Comment