Thursday, June 23, 2011

GRANULOMA : si “Daging” tumbuh pada Pusar.

Keterangan gambar
Insert : Granuloma pusar.
A.Pusar dihubungkan dengan sinus (kantong)  dan jaringan ikat  sisa yang masih berhubungan dengan usus.B.Pusar dihubungkan dengan usus melalui jaringan ikat.C.Pusat dihubungkan dengan usus dan terdapat kista ditengahnya.D.Adanya hubungan terbuka (fistel) antara  usus dengan pusar.E.Pusar dihubungkan dengan usus yang menonjol (divertikel).

ditulis oleh : dr. Hemanto SpB, SpBA

Sering  pada praktek sehari hari, seorang ibu membawa anaknya  ke dokter dengan keluhan adanya semacam "daging" pada pusarnya setelah  tali pusat terlepas. Pada  Room For Children juga beberapa ibu menanyakan  masalah ini. Berikut ini saya akan memberikan gambaran mengenai penyakit Granuloma umbilikalis baik yang didapat ( granuloma biasa, omphalitis/infeksi) dan yang bawaan ( sisa saluran omphalomesenteric/ saluran antara usus janin ke tali pusat, serta sisa saluran Urachus yang tidak menutup/ saluran antara pusar dan kandung kemih)

Apakah yang dimaksud “daging” tumbuh pada pusar ?
“Daging” tumbuh pada pusar, sebenarnya bukan daging semacam otot di badan kita, tapi merupakan jaringan dibawah kulit yang tidak tertutup lapisan  epitel (kulit ari), setelah lepasnya tali pusat. Istilah medisnya dinamakan Granuloma umbilikalis.

Bagaimana terjadinya Granuloma umblikalis ?
Setelah lepasnya tali pusat, akan terdapat sedikit daerah di pusar yang terbuka dan belum tertutup kulit.  Kadang kadang akan tumbuh jaringan granuloma  yang mengandung jaringan ikat fibroblas dan pembuluh darah kapiler. Ukuran granuloma mulai 1 milimeter sampai dengan sekitar 10 miliimeter, seperti bertangkai (gambar*)

Bagaimana mengobati  granuloma  ?
Granuloma umbilikalis diobati dengan cara kauterisasi yaitu mengoleskan cairan yang mengandung “silver nitrat” yang mempunyai efek “membakar”. Bisa juga dengan obat  luar lainnya yang berfungsi menciutkan granuloma.   Bila granulomanya panjang  bisa dilakukan pemotongan dan diikat dengan benang yang diserap tubuh.

Mengapa granuloma “bandel” sering kambuh lagi ?
Apabila diobati dengan cairan yang mengandung silver nitrat, dan sudah dipotong tumbuh lagi atau tidak ada respon sama sekali, dipikirkan adanya hubungan dengan usus dibawahnya.

Apa yang disebut Omphalitis ?
Omphalitis adalah infeksi didaerah pusat, akibat adanya bakteri Staphylococcus aureus , Streptococcus  atau  Clostridium tetani pyogenes, dan juga bakteri  gram negatif. Manifestasi omphalitis adalah adanya nanah di pusar dan sekitarnya ditandai kulit sekitarnya kemerahan.

Bagaimana cara mengobati  omphalitis ?
Selain bayi harus dirawat, diberikan obat antibotik, bila terjadi kantung nanah harus dikeluarkan (drainase).

Apa penyebab gruloma yang tidak bisa hilang, setelah diobati ?
Apabila granoloma bandel  tidak bisa hilang, granuloma disebabkan kelainan bawaan lahir akibat adanya sisa saluran omphalomesenteric (saluran yang menghubungkan usus janin ke talipusat ). Lihat gambar*

Bagaimana cara mengobati  granuloma akibat sisa saluran omphalomesnteric  ?
Harus diputus “akarnya” dengan operasi.

Apa artnya granuloma berbau feses ?
Granuloma yang keluar cairan bebau feses, artinya ada hubungan antara usus dan pusat.

Apa artinya grnuloma berbau pesing ? 
Artinya ada hubungan antara kandung kemih ke pusar, terdapat sisa saluran Urachus yang tidak menutup.

Sumber : Room For Childrean

note :
Perawatan untuk tali pusat sampai dengan puput, adalah dengan membersihkannya dengan baik dan kering.
di cuci dengan sabun ketika mandi kemudian di lap dengan handuk lembut dan diangin-anginkan dsebentar
tanpa harus di tutup dengan kain kasa atau pemberian alkohol, minyak atau ramuan lainnya.
jika terkena pup atau pipis perlakukan hal yg sama dalam pembersihan.

tali pusat yang belum waktunya lepas (masih basah) tapi dipaksa lepas sering jd granuloma. Jika memang sudah kering dan copot sendiri yang berarti bukan dipaksa tidak akan menyebabkan granuloma. Tali pusat yg kecil biasanya cepat puput, bisa 3 hari sudah puput.

biasanya 3-4 minggu paling lama granuloma akan hilang bila diberikan obat luar atau hanya dibersihkan saja. tapi kalo lebih sebulan bahkan sampai besar masih ada ..baru curiga ada akarnya. bila berbau feses.ada fistel, satu lagi bila bau pesing.mungkin berhubungan dgn sisa saluran ke kandung kemih.

untuk kasus fistel & omphalomesnteric, dilakukan tindakan operatif pada saat kondisi optimal (paling baik), tidak sakit, battuk, demam dll. Pokoknya sehat. boleh setelah 10 minggu, Hb >10, lekosit <10 ribu, berat badan > 10 pon (5 kg).

Protected by Copyscape Plagiarism Software

DMCA.com

0 comments:

Post a Comment